Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Agar Si Kecil Tetap Terhidrasi Setiap Hari Meski Saat Sakit

Bayi dapat terbilang cukup rentan terkena penyakit, salah satunya sakit flu atau pilek. Beberapa cara akan ibu lakukan guna menyembuhkan sakit yang diderita atau minimal meringankan gejalanya. Beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa Anda lakukan namun yang paling penting adalah bagaimana menjaga agar bayi tetap terhidrasi selama sakit. Hal ini mengingat, kondisi dehidrasi terutama pada bayi termasuk ke dalam kondisi yang berbahaya.

Bayi yang mengalami sakit umumnya menjadi lebih sulit dalam menerima asupan makanan serta cairan dari luar. Beberapa tanda bila si kecil mengalami dehidrasi adalah ketika biasanya si kecil buang air kecil sebanyak 4 sampai 6 kali sehari, namun mendadak menurun drastis menjadi 1 sampai 2 kali sehari maka bisa dipastikan ia mengalami dehidrasi. Maka dari itu, untuk meringankan sakitnya dan mempercepat penyembuhan, Ibu wajib membaca beberapa tips berikut, yuk disimak.

Tetap susui di kecil

Saat si kecil sakit dan kemungkinan mengalami dehidrasi, ibu haruslah tetap menyusui si kecil sedikit demi sedikit namun sering. Berikan asupan susu, baik susu formula maupun ASI kepada si kecil minimal 2 sampai 3 jam sekali. Jika ia enggan, ketika waktu menyusui tiba dekatkan dot susu atau puting payudara ibu ke mulutnya untuk merangsang bayi agar tetap meminum susu.

Langkah paling mendasar yang harus dilakukan ketika ada timbul tanda-tanda bayi mengalami dehidrasi adalah memastikan bayi tetap menerima asupan cairan secara teratur dan cukup sesuai dengan berat badan dan kebutuhannya.

Bangunkan si kecil untuk diberikan ASI meski sedang tidur

Beberapa kekeliruan orang tua terutama yang baru saja memiliki anak pertama adalah membiarkan si kecil tertidur dan melewatkan jam minum susu. Alasannya, orang tua merasa kasihan kepada si kecil jika harus membangunkannya meski tujuannya adalah agar bayi tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Kebiasaan ini perlu ditinggalkan, mengingat kebutuhan bayi akan mengkonsumsi nutrisi secara teratur dan berkala sangatlah penting demi mendukung tumbuh kembang si kecil.

Tempatkan si kecil di ruangan yang sejuk

Selain langkah di atas, ibu juga harus memperhatikan suhu udara ruangan tempat si kecil istirahat. Kondisi panas dalam ruangan akan membuat si kecil lebih cepat kehilangan cairan. Pastikan kamar si kecil terasa sejuk dan nyaman, jangan sampai ia merasa kepanasan karena justru akan membuat bayi semakin rewel dan berimplikasi pada lambatnya proses penyembuhan. 

Itu dia beberapa tips agar si kecil tetap terhidrasi terutama saat ia sedang sakit. Terutama saat si kecil yang masih berusia di bawah tiga bulan mulai menunjukkan gejala demam, tidak dapat menerima asupan susu dengan baik ataupun diare. Untuk itu, jika kondisinya semakin mengkhawatirkan, segera hubungi dokter anak terpercaya untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Posting Komentar

0 Komentar