Ticker

6/recent/ticker-posts

Ciri-ciri Oli Bagus yang Cocok untuk Kendaraan Anda

ciri-ciri oli bagus yang cocok untuk kendaraan anda

Oli berkualitas Idemitsu bisa dijadikan pilihan untuk melindungi mesin kendaraan kesayangan. Sebab oli idemitsu memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan karakter mesin kendaraan yang ada di Indonesia.

Pemilihan oli memang harus teliti, apapun jenis oli tersebut karena jika salah memilih maka resikonya mesin kendaraan sering ngadat dan komponen di dalamnya mudah aus.

Ciri-Ciri Oli yang Bagus

Oli mesin memang menjadi kebutuhan vital bagi mesin kendaraan, sama vitalnya dengan bahan bakar. Tanpa oli maka performa mesin akan menurun dan umurnya menjadi pendek. Oleh sebab itu, proses ganti oli wajib dilakukan secara teratur dan diusahakan jangan sampai terlambat.

Namun, sebelum ganti oli pastikan sudah memilih oli mesin dengan baik dan benar supaya kualitasnya terjamin. Sehingga tidak biasa asal-asalan memilih oli dan asal ganti oli rutin, sebab jika oli yang dipilih keliru atau kualitasnya jelek. Maka dijamin akan panen banyak keluhan, oleh sebab itu kenali betul ciri-ciri oli berkualitas agar tidak salah pilih.

Secara umum oli dengan kualitas yang baik memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya bisa dibedakan dengan oli yang kualitasnya buruk. Ciri-ciri yang sifatnya khas ini antara lain:

Warna Cenderung Jernih

Oli kendaraan yang memiliki kualitas bagus ditunjukan oleh warna. Secara umum oli memiliki warna kuning keemasan. 

Meskipun begitu warnanya tetap jernih seperti minyak goreng yang disaring sampai berkali-kali. Jadi, cek tampilan oli yang akan dibeli dan jika sangat jernih maka sudah menunjukan kualitasnya bagus.

Aroma yang Natural

Pernah mencium aroma atau bau oli? Jika belum pernah, maka bisa mencobanya sekarang. Sebab kualitas oli ternyata juga ditunjukan dari aromanya yang seharusnya natural.

Aroma oli dikatakan natural apabila aromanya tidak menyengat, sehingga cenderung lembut. Jika terlalu menyengat maka ada kandungan zat kimia di dalamnya, yang biasanya menurunkan kualitas oli.

Tidak Memiliki Endapan

Ciri-ciri oli yang bagus berikutnya adalah pada tetesan terakhir oli tersebut, apakah ada endapan atau tidak?

Jika ada endapan maka kualitasnya bisa dikatakan kurang baik. Sebab oli yang bagus selain jernih juga bersih sehingga tidak meninggalkan endapan dalam bentuk apapun sampai tetes terakhir.

Jarak Tempuh Oli Sesuai Label Kemasan

Ciri selanjutnya hanya bisa diketahui jika oli sudah digunakan dan menunjukan kinerjanya. Yakni dari jarak tempuh oli tersebut, jika sesuai dengan informasi di label kemasan atau aturan umum jarak tempuh oli. Maka kualitasnya bagus dan di masa mendatang bisa memakai oli dengan merek dan jenis yang sama.

Efektif Meningkatkan Performa Mesin

Ciri terakhir juga hanya bisa diketahui jika oli sudah digunakan, yakni dari kemampuannya dalam menjaga maupun meningkatkan performa mesin. Oli yang bagus akan melumasi komponen secara maksimal sehingga performa mesin meningkat dibanding sebelumnya.

Jika sudah mengenal ciri-ciri oli mesin yang berkualitas maka kedepannya tidak akan lagi salah dalam memilih. Sehingga performa mesin terjaga dan juga menjaga masa pakainya tetap lama atau bahkan lebih lama.

Posting Komentar

0 Komentar