Ticker

6/recent/ticker-posts

Sama-Sama Online, Pilih Lelang Timed Auction Atau Flash Auction?

Membeli mobil lelang secara online menjadi pilihan banyak orang di masa pandemi. Adanya pembatasan wilayah membuat banyak balai lelang seperti IBID-Balai Lelang Serasi yang merupakan bagian ASTRA group mau tidak mau harus memaksimalkan layanan onlinenya.

Sebenarnya, IBID sendiri memiliki 2 jenis lelang online yang bisa kamu ikuti melalui aplikasinya yaitu timed auction dan flash auction. Meski sebenarnya ada juga live auction namun jenis lelang ini memiliki 2 versi yaitu online dan offline dimana live auction secara offline lebih banyak diminati. 

Lelang Timed Auction Atau Flash Auction

Apa saja perbedaan keduanya?

Meski sama-sama dilakukan secara online namun kedua jenis lelang tersebut memiliki perbedaan yang cukup besar. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap kedua jenis lelang tersebut adalah sama. Agar kamu tidak ikut bingung, berikut adalah penjelasan perbedaan kedua nya. 

1. Jadwal lelang

Timed auction merupakan lelang yang hanya dilakukan secara online menggunakan aplikasi IBID. Pelaksanaanya juga terjadwal dengan rapi oleh pihak IBID. Hal ini tentu berbeda dengan flash auction yang tidak memiliki jadwal lelang yang rutin.

2. Objek lelang

Menurut informasi, untuk saat ini baru mobil saja yang bisa dilelang menggunakan metode flash auction. Padahal, sebenarnya selain menyediakan kendaraan bermotor IBID juga menyediakan produk-produk lainnya terutama produk elektronik seperti gadget, alat berat dan sebagainya.

Objek lelang yang bisa ditemukan juga berbeda. Untuk flash auction, kebanyakan mobil yang ditawarkan adalah mobil-mobil yang baru saja selesai diinspeksi oleh petugas Astra Car Valuation (ACV). Sementara itu, objek lelang yang ditawarkan melalui timed auction lebih bervariasi. 

3. Durasi lelang

Sesuai dengan namanya, flash auction meilki durasi lelang yang cukup singkat yaitu hanya sekitar beberapa jam saja. Bahkan, ada juga yang cuma berlangsung selama 1 jam. Hal ini tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan timed auction yang memiliki durasi lelang cukup lama.

Timed auction bisa berlangsung mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari. Oleh sebab itu, kesempatan kamu mendapatkan tawaran atau bid dengan harga yang lebih tinggi akan lebih besar karena calon pembeli diberi waktu yang cukup lama. 

4. Fitur yang disediakan

Meski sama-sama dilakukan secara online namun flash auction bisa dikatakan memiliki fitur yang lebih baik. Meski baru dirilis bulan Agustus kemarin namun metode lelang ini sudah dilengkapi dengan fitur live streaming serta live chat.

Fitur live straming memungkinkan pembeli untuk melihat penjelasan yang dilakukan oleh inspektor sementara itu fitur ive chat bisa digunakan untuk menanyakan harga atau kondisi mobil. Kedua fitur ini bisa dikatakan menjadi keuntungan terbesar yang dimiliki oleh flash auction. 

Berikut merupakan perbedaan antara flash auction dengan timed auction. Meski sekilas terlihat mirip namun keduanya tetaplah 2 jenis yang berbeda. Oleh sebab itu, jika kamu memang ingin titip lelang di IBID ada baiknya untuk download aplikasinya baik melalui Play Store maupun App Store.

Posting Komentar

0 Komentar